M A Y A P A K P A H A N Membuat Foto Hitam Putih Jadi Warna ~ Welcome To My Blogg //]]>

Senin, 17 Juni 2013

Membuat Foto Hitam Putih Jadi Warna

Naahhh kali ini saya kembali lagi berbagi informasi mengenai CS3
Setelah kita belajar bagaimana mengubah bentuk backgorund yang bisa kita lihat di=>> http://mayapakpahan.blogspot.com/2012/03/ganti-background-melalui-cs3.html
saya kembali lagi berbagi informasi mengenai "Bagaimana Membuat foto hitam putih menjadi warna"

Gak usa basa-basi lagi, kita mulai langsung
Langkah 1
Pada tutorial Photoshop kali ini, saya gunakan sebuah foto saya 

Bukalah sebuah foto Anda yang berwarna hitam putih. Jika ingin latihan namun tidak mempunyai yang hitam putih, buat saja dulu dengan menerapkan pengaturan warna pada menu Image > Adjustment > Desaturate.


Langkah 2Kliklah icon New Adjustment Layer, icon ini terletak pada sebelah bawah dari palet layer. Pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah. Kemudian pilihlah Levels



Setelah memilih Levels, maka akan muncul kotak dialog pengaturannya. Aturlah agar gambar menjadi lebih terang warnanya. Ubahlah agar warna putih pada foto menjadi tidak begitu putih. Anda bisa mengacu pada pengaturan dibawah ini, namun tidak perlu persis. Aturlah sesuai dengan kondisi foto yang sedang Anda edit.

Langkah 3
Sekarang buatlah seleksi pada bagian kulit dari orang yang ada pada foto tersebut. Baik itu pada bagian wajah, tangan dan lainnya. Tentang pembuatan seleksi ini, Anda bisa menggunakan banyak cara. Seleksi kalau bisa dilakukan secara detil, namun karena kondisi foto ini sendiri sangat kurang dan tidak jelas hasil pindainya, maka untuk membuat seleksi saya gunakan pen tool.
Dengan pen tool, saya bisa membuat garis path yang bisa saya sesuaikan sendiri bentuknya. Jadi apabila ada bagian yang tidak jelas, maka saya tentukan sendiri bentuknya seperti apa. Misalnya pada gambar tangan dari Bagyo dan Udin. Karena berada pada bagian hitam yang sudah tidak jelas lagi, maka saya mengkira-kira sendiri seperti apa bentuk tangannya.
Langkah 4
Setelah seleksinya jadi, sekarang tekan Ctrl + J pada keyboard sebanyak 3 atau 4 kali. Tujuan langkah in adalah untuk membuat sebuah layer baru yang merupakan hasil potongan seleksi tadi. Sekarang pada palet layer akan muncul layer baru dengan nama Layer 1. Kemudian pastikan icon gambar mata palet Adjutment layer dalam kondisi tidak aktif.
Agar tidak membingungkan pada langkah-langkah berikutnya, ubahlah nama palet ini dengan nama yang sesuai.
Langkah 5
Sekarang pilih menu Image > Adjustment > Hue/Saturation. Kita akan mengatur warna kulit ini agar nampak seperti warna kulit sesungguhnya. Caranya dengan memberi tanda cek pada pilihan Colorize dulu, kemudian menggeser-geser slider pada Hue, Saturation, dan Lightness.
Nahh maka tampaklah hasilnya seperti ini.

#SEMOGA BERMANFAAT












0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management